Akhirnya ke Sunda Kelapa

Sunda Kelapa. Ya, akhirnya terealisasikan juga rencana lama saya untuk ke Sunda Kelapa. Rencana ini memang sudah saya rencanakan sejak lama. Namun karena berbagai alasan rencana tersebut tertunda berkali-kali. Dan akhirnya minggu lalu saya bisa pergi kesana. Itupun sebenarnya karena ada temannya hehe. Mungkin kalau tidak ada yang nemenin, ya rencana tersebut akan tertunda lagi.

Sunda Kelapa ini adalah pelabuhan yang terletak di Jakarta dan dikelola PT. Pelindo II. Saat ini pelabuhan Sunda Kelapa masih beroperasi yang mana pelayanannya hanya untuk kapal antar pulau. Barang-barang yang diangkut dari pelabuhan ini selain sembako dan barang kelontong, juga bahan bangunan seperti semen, beton dan lain-lain. Secara ekonomi pelabuhan ini sangat menguntungkan, karena memang lokasinnya yang strategis yakni berdekatan dengan pusat-pusat perdagangan di Jakarta, seperti Glodok, Pasar Pagi, Mangga Dua dll.

Barang-barang angkutan kapal
Barang-barang angkutan kapal

Tujuan utama saya ke Sunda Kelapa tentu saja adalah untuk menyalurkan minat dan bakat saya dalam bidang fotografi. Karena memang pelabuhan Sunda Kelapa merupakan salah satu tempat yang paling fotogenik di Jakarta. Tempat ini sering digunakan untuk foto-foto model maupun pre-wedding oleh para fotografer. Dengan background kapal-kapal besar, dan tentu saja pantai dan sunset-nya yang indah.

Para kru kapal
Para kru kapal

Pada saat saya kesana biaya masuk untuk 1 motor adalah 3000 rupiah (belum termasuk ongkos parkir). Setelah itu motor harus diparkir. Karena untuk berkeliling di pelabuhan harus jalan kaki atau bisa menggunakan sepeda onthel yang disewakan warga sekitar. Tidak jarang para warga di sana menawarkan jasa ojekย perahu untuk mengeksplorasi perairan sekitar pelabuhan.

Waktu yang tepat untuk menjelajah Sunda Kelapa adalah pagi hari atau sore hari. Selain karena tidak terlalu panas, pagi atau sore hari dapat memberikan pencahayaan yang baik. Dan ini adalah beberapa hasil foto saya yang sudah saya unggah di instagram.

 

 

 

 

View this post on Instagram

Kasi caption sendiri aja ya.. Hehe

A post shared by Galih Suseno (@gsuseno) on

 

 

 

 

 

 

4 thoughts on “Akhirnya ke Sunda Kelapa

Leave a comment