Fuji X-H1 : Fuji mulai serius di Video

Fuji X-H1 adalah flagship seri X terbaru dari Fuji. X-H1 berada di atas X-T2 dan X-Pro2. Kamera ini ditujukan untuk fotografer profesional dan videografer. Meskipun tidak ada peningkatan megapixel ( 24.3 Mp) dari sensor nya, namun banyak fitur baru yang disematkan oleh Fuji dikamera ini. Apa saja fitur-fitur baru nya?

xh1-7

Built-in IS

X-H1 menjadi kamera seri X pertama yang disematkan fitur IBIS (In-body Image Stabilization). Dengan IBIS 5-axis nya, X-H1 mampu menstabilkan gambar hingga 5.5 stop, hal ini akan sangat membantu membuat gambar tetap stabil, apalagi jika menggunakan lensa telezoom.

xh1-4

Fuji mulai serius di video

Dari sisi spesifikasi X-H1 sangat lengkap bagi para videografer. Dapat merekam video 4K hingga 30fps (3840 x 2160) dan format Cinema 4K (4096 x 2160) yang lebih lebar di 24fps, serta dapat merekam hingga 120fps di Full HD untuk membantu videografer membuat video slow motion.

X-H1 juga mampu merekam di bitrate yang tinggi hingga 200 Mbps, ada juga profil video F-Log yang disertakan, dan juga menawarkan dynamic range hingga 400% (12 stops). Fuji juga menambahkan film simulasi bernama ETERNA, untuk membuat video terlihat lebih cinematic.

xh1-6

Body yang gagah

Tampang X-H1 ini benar-benar terlihat lebih gagah daripada kamera-kamera fuji lainnya. Selain tahan debu dan air, X-H1 juga masih dapat beroperasi di temperatur rendah (-10°C). Memang serupa dengan Fuji X-T2, akan tetapi X-H1 menggunakan bahan magnesium alloy yang 25% lebih tebal dari X-T2.

xh1-1

Kontrol

Selain menyertakan kendali putar mekanik seperti kebanyakan kamera Fuji, seperti untuk mengubah shutter speed, ISO, dan drive mode. X-H1 juga merupakan kamera seri X pertama yang ditambakan LCD tambahan di atas.

LCD pada X-H1 ini terbilang cukup aneh, selain bisa di putar 90° ke atas dan 45° kebawah, seperti kebanyakan kamera fuji. LCD X-H1 juga bisa di miringkan 60°  ke kanan.

xh1-5

Sunyi

Fuji juga punya teknologi yang bernama Shutter shock absorption mechanism yang mampu mengurangi suara shutter. Sehingga cocok saat digunakan untuk keperluan fotografi yang membutuhkan suara shutter yang rendah, seperti wildlife fotografi, upacara pernikahan, atau street fotografi.

xh1-2

Fitur Extra dan peningkatan performa

X-H1 juga merupakan kamera seri X pertama yang ditambahkan fitur flicker reduction, yang berguna untuk mengurangi flicker saat memotret dibawah pencahayaan buatan yang cukup cepat.

X-H1 mampu memfoto berturut-turut hingga 14fps (dengan shutter elektornik) dan 8fps (dengan shutter mekanik).

 

 

Leave a comment