Tata Krama Mahasiswa Sekarang

Entah mengapa mahasiswa sekarang banyak yang mengabaikan tentang tata krama. Jadi ceritanya begini. Beberapa waktu lalu saya mendapat telepon dari salah seorang mahasiswa. Tepatnya mahasiswa ini menelpon ke kantor saya dan kebetulan saya yang menerima panggilan telepon tersebut. Maklumlah saya ini programmer merangkap customer service, jadi saya cukup lincah dan lihay dalam percakapan telepon dengan customer hehe.

Jadi saya menulis ini berawal dari percakapan saya dengan mahawsiswa tersebut. Sebenarnya dia hanya ingin menanyakan apakah di perusahaan saya bekerja sekarang bisa menerima magang, itu saja tidak lebih. Jadi kira-kira begini percakapannya.

Saya : “Halo, Selamat siang, ada yang bisa dibantu?”

Mahasiswa : “Halo, Begini pak, saya dari Politeknik @#$@, apakah di perusahaan bapak menerima praktek kerja magang?”

Saya : “Owh, Maaf dik, perusaahan kami tidak menerima mahasiswa magang”

Mahasiswa : “Owh Begitu, terimakasih pak.”

Nah sekarang tau kan dimana letak kesalahan mahasiswa ini. Menurut saya, mahasiswa ini kurang sopan. Kenapa? Pertama, dia tidak memperkenalkan dirinya sendiri, walaupun dia memperkenalkan politekniknya. Masalahnya mahasiswa politeknik tersebut kan tidak hanya dia saja.

Kedua, dia tidak menanyakan apakah betul yang dituju adalah perusahaan yang memang ingin dia hubungi. Bagaimana kalau yang dia hubungi adalah nomor pribadi atau salah sambung? sedangkan dia mencari perusahaan untuk magang. Atau karena dia juga tidak menyebutkan dia mahasiswa jurusan apa, bagaimana kalau misalnya dia adalah mahasiswa jurusan perikanan yang ingin magang, sedangkan perusahaan tempat saya bekerja atau yang sedang dia hubungi adalah perusahaan IT.

Nah hal-hal seperti ini memang sepele, tetapi terkadang karena hal-hal sepele ini yang juga mempengaruhi kesimpulan subuah perusahaan tentang mahasiswa yang ingin magang, ataupun pencari kerja. Jadi sebaiknya bagi para mahasiswa pencari magang ataupun mahasiswa baru lulus yang ingin mencari kerja bisa memperhatikan hal-hal sepele seperti ini.

Tapi mungkin judul yang saya berikan di atas terlalu lebay ya. Yah semoga saja anggapan saya tentang mahasiswa sekarang kurang tata krama itu salah, semoga hanya mahasiswa kemaren yang menghubungi saya saja yang belom tau tentang tata krama.

One thought on “Tata Krama Mahasiswa Sekarang

Leave a comment